Perintah dasar linux beserta fungsinya

1mbinternet – Mumpung ada koneksi internet, tangan saya tidak mau diem melihat keyboard didepan mata . Dan hari ini saya mau posting tentang perintah dasar Linux.
Ingin belajar perintah dasar Linux ?

Apa enaknya pakai linux ?
*.Menurut saya tampilan lebih simpel, daripada OS sebelah :D .
*.Tidak mudah terkena virus itu menurut saya lho.
*.Tidak memakai memory yang besar (RAM)
*.Os-nya tidak berbayar (gratis)
*.Sebenarnya masih banyak lagi sob, mungkin ada sobat Blogger yang mau menambahkan ?


Berikut Perintah dasar Linux untuk pemula :
*.Shutdown -h now merupakan perintah dasar untuk mematikan komputer. Jadi kalian ingin mematikan komputer tinggal mengetik perintah shutdown -h now di Terminal Linux dan tekan enter.
*. Apt-get install [nama aplikasi] merupakan perintah dasar untuk menginstal aplikasi pada OS Linux. Kalau kalian ingin menginstal suatu aplikasi maka tinggal mengetik apt-get install [nama aplikasi] yang ingin kalian instal tersebut di terminal Linux dan jangan lupa untuk mengetik tombol enter.
*. rm [namafile] merupakan perintah dasar untuk menghapus sebuah file berdasarkan nama file tersebut. Jadi bila kalian ingin menghapus suatu file yang keberadaannya tidak kalian inginkan, maka cukup saja ketik rm yang di ikuti oleh [nama file] yang ingin kalian hapus tersebut pada Terminal Linux dan tinggal tekan saja tombol enter pada keyboard kesayangan kalian.
*. Mkdir [nama folder] merupakan perintah dasar untuk membuat sebuah folder pada OS Linux ini. Jika kalian ingin mengumpulkan file dalam satu folder maka kalian bisa membuat folder tersebut dengan cara mengetikkan mkdir di ikuti [nama folder] yang kalian inginkan pada Terminal Linux lalu tekan saja tombol enter.
*. Cd [membuka folder] merupakan perintah dasar untuk berpindah ke directori lain.

Itulah beberapa perintah dasar Linux untuk pemula yang ada di OS Linux.
Perintah dasar di OS Linux memang harus diketik secara manual [bikin tangan pegal-pegal] karena perintahnya Sensitif terhadap [,-.]

saya beri contoh : aptget install [nama aplikasi] kurang (-) maka perintah tersebut tidak akan jalan, sampai lebaran monyet :D . Plak
Harusnya apt-get install [nama aplikasi] , pasti akan berjalan dengan sempurna.

Sekian dulu postingan saya.

0 Response to "Perintah dasar linux beserta fungsinya"